Visi
"Menjadi Program Studi Diploma III Pariwisata yang unggul dan mencetak tenaga profesional bidang pariwisata yang kreatif serta berstandar Internasional pada tahun 2025"
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan kepariwisataan yang terintegrasi dengan kebutuhan industri pariwisata khususnya hotel & restoran, usaha perjalanan wisata dengan sistem pembelajaran yang didukung oleh penguasaan teknologi.
- Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung pencapaian sasaran kompetensi kepariwisataan khususnya hotel & restoran, usaha perjalanan wisata.
- Melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Lapangan di industri pariwisata khususnya hotel & restoran, usaha perjalanan wisata.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur.
- Memiliki kompetensi akademik yang memadai dalam bidang Kepariwisataan (Hotel & Restoran dan Usaha Perjalanan Wisata), berwawasan global, sehingga mampu bersaing secara nasional dan internasional di era globalisasi.
- Menghasilkan produk dalam bentuk ilmu pengetahuan dan teknologi pelayanan hospitality yang dapat menambah keterampilan di bidangnya, dan dapat dijadikan rujukan dalam rangka pemecahan berbagai persoalan nasional, regional dan internasional.
- Menjalin kerja sama yang luas dengan berbagai pihak, instansi pemerintah dan swasta, di dalam dan luar negeri, dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Pendidikan Tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional.
- Membangun suatu sistem tata kelola aset, keuangan dan administrasi yang memenuhi standar tata kelola Program Studi Diploma III Pariwisata FEB UNRAM yang sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berstandar mutu nasional dan internasional.
Strategi
Strategi yang diterapkan untuk mewujudkan visi, misi, dan tujuan Program Studi berdasarkan kepada strategi yang tertuang dalam Renstra FEB UNRAM 2020-2024, yaitu:
Bidang Pendidikan
- Evaluasi dan pengembangan kurikulum dan silabus
- Peningkatan kecukupan dan kualitas SDM
- Peningkatan kecukupan dan kualitas sarana prasarana pendidikan
- Pembekalan kompetensi lulusan sesuai standar kompetensi
Bidang Penelitian
- Penelitian Dosen
- Penelitian Kerjasama Dosen Mahasiswa
Bidang Pengabdian Masyarakat
- Pengabdian Masyarakat Dosen
- Pengabdian Kerja sama Dosen Mahasiswa
Bidang Kerjasama
- Kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI)
- Promosi program studi kepada masyarakat dan masyarakat terinstitusi
Nilai-Nilai Program Studi
Program Studi Diploma III Pariwisata Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, dalam pengelolaannya mengusung tagline CARE, yang merupakan singkatan dari Competent, Agile, dan Responsive. "CARE" mengimplikasikan tanggung jawab, dedikasi, dan mengandung esensi ketulusan serta komitmen dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik, baik untuk mahasiswa, industri jasa pariwisata, maupun masyarakat lokal.
"CARE" menekankan pentingnya keseimbangan antara kompetensi teknis dan soft skills yang melibatkan empati dan kepedulian terhadap lingkungan sosial dan alam di sekitar serta menciptakan lulusan yang peduli terhadap pengelolaan pariwisata yang berkelanjutan, beretika, dan bertanggung jawab secara sosial.
1. Competent
Competent berarti memiliki keahlian, pengetahuan, dan keterampilan yang sesuai dengan standar industri jasa pariwisata. Kompetensi ini melibatkan kemampuan teknis yang terukur dan dapat diterapkan langsung dalam berbagai aspek di sektor industri jasa pariwisata. Tujuan dari Competent adalah untuk menghasilkan lulusan yang siap kerja dan mampu bersaing di pasar kerja lokal, nasional, maupun internasional. Lulusan yang kompeten tidak hanya terampil secara teknis, tetapi juga memiliki wawasan luas tentang isu-isu lingkungan, ekonomi, sosial, dan budaya yang relevan dengan industri jasa pariwisata.
2. Agile
Agile atau lincah mengacu pada kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan dan tantangan yang terjadi di lingkungan industri jasa pariwisata. Industri jasa pariwisata merupakan industri multi sektor yang bersifat dinamis dan sering mengalami perubahan akibat faktor-faktor eksternal seperti perubahan kebijakan, tren wisata, teknologi baru, dan perubahan kondisi ekonomi atau sosial masyarakat. Nilai Agile mencerminkan bahwa Program Studi Diploma III Pariwisata FEB Unram berkomitmen untuk melatih mahasiswa agar mereka fleksibel dan tanggap terhadap perubahan-perubahan tersebut. Lulusan diharapkan mampu berpikir kritis dan mengambil keputusan yang cepat serta tepat dalam berbagai situasi. Selain itu, lulusan juga diharapakan mampu mengidentifikasi peluang baru dan inovasi dalam industri jasa pariwisata, sehingga dapat berkontribusi lebih luas dalam pengembangan industri jasa pariwisata.
3. Responsive
Responsive berarti mampu memberikan tanggapan yang cepat dan tepat terhadap kebutuhan industri jasa pariwisata, pemerintah, masyarakat, dan lingkungan. Nilai ini mencerminkan bahwa lulusan harus peka dan tanggap terhadap perkembangan tren pariwisata, kebutuhan wisatawan, harapan masyarakat, dan tantangan lingkungan. Responsif tidak hanya mencakup reaksi cepat terhadap perubahan eksternal, tetapi juga inisiatif untuk berperan aktif dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapi industri jasa pariwisata, seperti keberlanjutan, inovasi layanan, dan pemberdayaan masyarakat.